Daftar Blog Saya

Jumat, 24 Februari 2012

Saya HRD sekaligus CEO atas bisnis saya sendiri!

Pernahkah mengalami percakapan seperti ini dengan downline anda?
Downline: Mbaa, saya ga tau nih bisa tutup poin 100 apa enggak?
Upline: Kenapa emangnya mba? gak ada yg mau beli produknya apa
gimana?
D: Ada sih, tapi..hmm aku gak punya modal sebanyak itu..

Atau spt ini:
D: Mbaa, sptnya saya ga naik level bulan ini dehh
U: Lah kenapa mbaa, gak dapet prospekan?
D: Aku gak sempat nawar2in nih, pulang kantor capek, udah
malem, urus anak, udah ngantuk mbaa
U: Kan bisa sabtu minggu mbaa
D: Wah sabtu minggu kan waktu keluarga mba.. kadang diajak
jalan2 sama suami..

Atauu spt ini:
D: Mba, saya sebenernya tertarik gabung sih, tapi
harus tutup poin setiap bulan ya?
U: Iya mba, kalo mau bisnisnya harus tupo mba, spy keluar
bonusnya
D: Iya tapi kan di kantor saya banyak yg udah ikutan member, terus
sy mo jualan dimana?

Ataauu menemukan yg kayak gini nih:
D:  Mba, sy mau naik level
sih, tapi sy paling anti dikasih target, jd tlg jgn suruh saya ini itu ya
U: Ok mba, berarti mba termasuk user aja atau penjual, gak mau
dapetin bonusnya niiih?
D: Ya mau dong mba.. tp pelan pelan aja deh, sy pasti nyampe kok,
kl buru2 gini sy suka gak sanggup 

Percakapan itu semua "lucu"nya gak cuma disampaikan oleh
teman-teman yg baru bergabung di bisnis anda, tapi jg oleh teman2
yang sudah meng'komit'kan diri sebagai core team/team inti.. "saya
mau sukses disini mbaa..", "saya pingin dpt bonus jutaan", "saya
mau kejar mimpi saya!" dsb.
Tapiiii... justru kalimat2 'penolakan atas tupo' spt diatas sering kita
temukan.. 

Seperti kata mba Evi D. Ranti, diamondnya d'bc network yg baru
saja dapetin cash reward 42jt+honda CRVnya.. beliau bilang
menemukan Core Team itu ibarat merekrut karyawan di
perusahaan kita.. kalo pas wawancara atau proses rekrutmennya
gak sesuai, entah krn sesi interview atau testnya yg tidak sesuai
persyaratan perusahaan, berarti ybs gak diterima sbg karyawan kita. 

Sesimpel itu aja kok... 

Hmm lantas kenapa pertanyaan2 diatas itu bisa sampe di telinga
kita? padahal udah kadung direkrut?
Ya karena pada saat awal "proses perekrutan karyawan" itu sebagai
HRD kita gak memberikan training yg sesuai.
Gak dijelasin job desc kerjaannya, gak dimotivasikan utk apa dia
bekerja di perusahaan.
Karyawannya blank gak tau mesti gimana-gimana. Kembali lagi
mengaca ke kita sbg Perusahaan/Uplinenya.. kl di bisnis, sudahkah
mrk ditraining getting started? core team ditraining secara reguler?
dibimbing dan bina secara interpersonal?

Trus kalo udah terlanjur rekrut "karyawan" alias tentukan core team
tapi nemu kategori downline yg menolak seperti diatas, terus mo
diapain dong?
Ya mohon maaf, berarti karyawan tsb tidak lolos masa percobaan 3
bulan.. masa probation..dan gak dilanjutkan kontrak kerjanya.. :)  

(HRD yg galak)

Tapii saya mau bantu dia utk jalanin bisnisnya.. kejar impiannya..
gimana?

Nah, sekarang kita bertindak sbg CEO nih bukan HRD lagi hehe..
tapi jadi CEO spt Steve Jobs ya.. yg kreatif, bs motivasi
karyawannya dan visioner.. hidup iPhone! #eh

Mba... ibarat mba kerja di pabrik, perusahaan akan memberikan
komisi  bagi para karyawan yg bisa menjual produk sebanyak2nya...
komisi tergantung penjualan kita.. nahh, kalo kita gak mau jualin
produk itu even 1 biji pun, trus masa mo minta komisi dari pabrik?
apakah menurut mba perusahaan akan membayar mba?
Analogi ini sama spt bisnis MLM di Oriflame, kita mau jadi core
team, artinya mau bisnisnya, mau dapetin bonusnya, mau merekrut
orang, tapii kita gak mau beli produknya, jualan produknya.. hmm
apakah Oriflame akan transfer uang bonus jutaan atau minimal
ratusan ribu ke rekening kita? 

Bandingkan dengan membuka toko (tanpa mengecilkan para pemilik
toko yang hebat2 daya juangnya, saya salut dengan mereka), uang
sekitar 500rb yang dikeluarkan setiap bulan untuk tupo jauh lebih
'kecil' mba, dibanding pengeluaran kalo kita memiliki toko... kita
harus bayar listrik, sewa tempat, gaji pegawai, dan itu dikeluarkan
sbg biaya tetap/fixed cost kita.. beban yg habis dibayarkan...
sedangkan tutup poin kita setiap bulan bisa dapat produk, dan bisa
dijual juga, plus profit 30% nya juga.. 

Kalo kata salah satu leader saya, tupo adalah "bentuk loyalitas n
konsistensi n komit kita ke oriflame bahwa kita MAU maju disini"
ciyee keren yaa *lirik si leader*

Kalo pencerahan seperti itu juga membuat mrk tidak bergeming,
berarti tegas aja, masa probationnya tidak lulus.. dan spt kata mba
Dini Shanti (saya baca di status2 para leader beliau), "fokuslah pada
yang mau, pada yang aktif, jangan pikirkan mereka yang tidak
mau!". No wonder beliau 2 tahun berturut-turut jadi the fastest
growing leader se Asia ya. Tegas!

Nah mba, kalo yg mau jadi penjual atau pemakai aja gimana??
nahhh itu lain lagi.. mrk bukan masuk golongan core team, tapi kita
wajib service mereka, kasih info2 promo, hadiah, dsb.. tetap
selipkan motivasi, siapa tau dpt "hidayah" suatu saat jadi core
team. wkwkwkkww...

Sekarang, mari singsingkan lengan baju, bekerja layaknya HRD
sekaligus CEO.. owner of our own biz..
Dann hebatnya, proses merekrut karyawan (HRD) dan
manage/motivate (CEO) ini akan terus dilakukan....selamanya..
sepanjang kita berada di bisnis ini... Mau terima tantangan ini? ^_^

GO SM my dear team!!! Go Diamond!

devi tania
www(dot)kejarmimpimu(dot)com
ciangsana bogor

terimakasih buat Eka atas analogi pabrik itu ya.. :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar